PENGERTIAN ADMINISTRASI
Asal Usul Istilah Administrasi
Kata
administrasi berasal dari bahasa Belanda, “administratie” yang artinya
segala kegiatan yang meliputi tulis menulis, ketik mengetik,
komputerisasi, surat menyurat (korespondensi), kearsipan, agenda
(pekerjaan pekerjaan Tata Usaha kantor) Kata administrasi lainnya
berasal dari bahasa Yunani, “ Ad ministrare” yang artinya Ad = pada,
ministrare=melayani, maka kata administrasi berarti memberikan
pelayanan. Dari dua pengertian di atas secara gamblang dapat diartikan
bahwa administrasi mempunyai pengertian : “pelayanan kegiatan tata usaha
kantor” (pelayanan pengetikan/komputer, pelayanan surat menyurat , dan
lain sebagainya)
Pengertian Administrasi
Untuk dapat
memberikan pemahaman tentang pengertian administrasi, tidak lepas dari
asal usul kata administrasi itu sendiri sebagaimana bahasan sebelumnya,
yakni “kegiatan tata usaha kantor” dan “ melayani”
Menurut Prof.Prajudi Atmosudirdjo (Lembaga Administrasi Negara), membedakan administrasi dalam 2 pengertian, yaitu :
1. Administrasi dalam pengertian sempit
2. Administrasi dalam pengertian luas
Administrasi Dalam Pengertian Sempit
Dalam
pengertian sempit di sini dimaksudkan ditinjau dari lingkup kerja yang
sempit yaitu hanya berkisar pada kegiatan tata usaha kantor (office
work) seperti : tulis menulis, pengetikan surat menyurat (termasuk
menggunakan kompuer), agenda, kearsipan, pembukuan dan lain sebagainya.
Administrasi Dalam Pengertian Luas
Dalam pengertian luas administrasi dapat dibedakan dalam 3 sudut, yaitu :
1. Proses
2. Fungsi atau Tugas
3. Kepranataan/Institusi
.Beberapa Definisi Administrasi
Pada saat ini
administrasi telah berkembang menjadi cabang ilmu pengetahuan tersendiri
yang sejajar dengan ilmu pengetahuan sosial lainnya. Definisi
administrasi terus berkembang seiring dengan berkembangannya ilmu
pengetahuan dan teknologi. Definisi-definisi dapat dibedakan menurut
para penulis Indonesia maupun penulis asing, sebagai berikut :
1. Definisi Menurut Penulis Indonesia
The Ling Gie
Administrasi
adalah “ Segenap rangkaian perbuatan penyelenggaraan dalam setiap usaha
kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan”
Sutarto
Administrasi
adalah “ Suatu proses penyelenggaraan dan pengurusan segenap tindakan
/kegiatan dalam setiap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai
tujuan”
Sondang P Siagian
Administrasi
adalah “ Proses kerjasama antara dua orang atau lebih berdasarkan
rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah
ditentukan”
Definisi Menurut Penulis Asing
Leonard D. White
Dalam bukunya
“Introduction to The Study of Public Administration”, Leonard D. White
mendefinisikan : “ Administrasi adalah suatu proses yang pada umumnya
terdapat pada semua kelompok Negara (swasta, sipil atau militer, usha
besar maupun usaha kecil)”.
William H. Newman
Dalam bukunya “
Administrative Action” William H. Newman mendefinisikan : “Administrasi
sebagai pedoman/petunjuk, kepemimpinan dan pengawasan dari usaha-usha
sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama”.
Pengertian Manajemen Kantor (Office Management) Menurut Para Ahli :
1.William Spriegel dan Ernest Daview
Menurut Pendapat William Spriegel dan Ernest Davies, yang dituliskan dalam buku beliau yaitu Principle of Business Organization and Operation, Manajemen Perkantoran adalah pengarahan menyeluruh terhadap kegiatan-kegiatan seperti transportasi, manufakturing, pergudangan dan penjualan.
2.Edwin Robinson Dan William Leffingwell
Menurut Edwin Robinson Dan William Leffingwell dalam buku beliau yang berjudul Textbook of Office Management, mengemukakan bahwa administrasi perkantoran sebagai fungsi,yang merupakan turunan dari seni dan ilmu manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan kator secara efisien,kapan pun dan dimanapun pekerjaan itu dilakukan.
3.Arthur Granger
Menurut Arthur Granger, dalam buku beliau yang berjudul National Office Management Association Report, administrasi perkantoran adalah fungsi untuk menyelenggarakan tata pelayanan komunikasi dan perekaman dari suatu organisasi.
4.George R.Terry
George R.Terry mengemukakan dalam buku beliau yang berjudul Office Management and Control, administrasi perkantoran adalah perencanaan , pengorganisasian ,perngkordinasian , dan pengawasan pekerjaan kantor dan pelaksanaannya untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan.
Menurut Pendapat William Spriegel dan Ernest Davies, yang dituliskan dalam buku beliau yaitu Principle of Business Organization and Operation, Manajemen Perkantoran adalah pengarahan menyeluruh terhadap kegiatan-kegiatan seperti transportasi, manufakturing, pergudangan dan penjualan.
2.Edwin Robinson Dan William Leffingwell
Menurut Edwin Robinson Dan William Leffingwell dalam buku beliau yang berjudul Textbook of Office Management, mengemukakan bahwa administrasi perkantoran sebagai fungsi,yang merupakan turunan dari seni dan ilmu manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan kator secara efisien,kapan pun dan dimanapun pekerjaan itu dilakukan.
3.Arthur Granger
Menurut Arthur Granger, dalam buku beliau yang berjudul National Office Management Association Report, administrasi perkantoran adalah fungsi untuk menyelenggarakan tata pelayanan komunikasi dan perekaman dari suatu organisasi.
4.George R.Terry
George R.Terry mengemukakan dalam buku beliau yang berjudul Office Management and Control, administrasi perkantoran adalah perencanaan , pengorganisasian ,perngkordinasian , dan pengawasan pekerjaan kantor dan pelaksanaannya untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan.
Sebenarnya Sir W.H.Evans dalam
bukunya yang berjudul administrasi perkantoran modern menjabarkan
administrasi perkantoran adalah fungsi yang sangat berkaitan dengan
proses manajemen dan proses pengarahan semua tahap operasi dari kantor,
seperti proses pengolahan data, komunikasi dan ingatan organisasi.
Dalam pengertian lain yang disempitkan .administrasi perkantoran adalah segala
kegiatan yang sifatnya teknis seperti ketatausahaan dari suatu kantor
yang mempunyai peranan yang penting dalam pelayanan terhadap pelaksanaan
pekerjaan yang operatif, menyediakan keterangan untuk pimpinan,dan juga
fungsi untuk membantu dalam kelancaran perkembangan organisasi.
Dan dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bawah administrasi perkantoran atau manajemen kantor ,merupakan
rangkaian kegiatan merencanakan,mengorganisasi (mengatur dan
menyusun),mengarahkan,mengawasi (melakukan kontrol),serta
menyelenggarakan secara tertib berbagai pekerjaan perkantoran dan
pekerjaan ketatausahaan.
Tidak terjadinya administrasi perkantoran akan
berakibat terjadinya ketidak tertiban dalam pekerjaan ketatausahaan
yang akan menghambat kelancaran pelaksanaan pekerjaan
operatif,menghambat pengambilan kebijaksanaan atau keputusan oleh
pimpinan,dan menghambat perkembangan suatu organisasi.
What is the difference between casino games and slots?
BalasHapusSlot filmfileeurope.com games are the most worrione popular types of casino games, and the majority are slots. poormansguidetocasinogambling.com https://tricktactoe.com/ and the most commonly played slot septcasino.com games.